Powered by Blogger.

Thursday, December 22, 2011

Pendidikan Dasar Garda Metal Kabupaten Karawang

Nama Garda Metal mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian penduduk karawang, hai ini disebabkan karena Eksistensi anggota Garda Metal dalam mengawal setiap aksi-aksi di Karawang baik itu mengangkat isu-isu Perburuhan maupun isu Masyarakat umum, dan juga Garda Metal Karawang pun aktif dalam menyelenggarakan Bhakti Sosial seperti Donor darah, pembuatan Posko penanggulangan bencana banjir dan sebagainya. Bahkan tak jarang pula Garda Metal Karawang sering diundang dalam kegiatan-kegiatan Polres Karawang diantaranya pada saat Polres Karawang mengadakan simulasi (latihan) penanggulangan kerusuhan pada saat menjalang Pilkada beberapa waktu yang lalu, dan juga turut diundang dalam Upacara HUT POLRI.

Pada tanggal 17 - 18 Desember 2011 kemarin kembali Pengurus Garda Metal Karawang mengadakan Pelatihan Dasar Garda Metal untuk perekrutan anggota baru. Pendidikan tersebut diadakan di lokasi Capolaga Camp Adventure Sagalaherang Kab.Subang.

Pelatihan Dasar Garda Metal memang sudah menjadi Program kerja bagi pengurus Garda Metal Kabupaten Karawang, dimana minimal setiap satu tahun sekali harus diadakan Latsar untuk penambahan anggota baru, dan pada tahun ini Alhamdulillah bisa diselenggarakan 2 (dua) kali dalam setahun di lokasi yang berbeda pula.

Tema Latsar kali ini adalah "Kalau Kita Terus Menghamba Pada Ketakutan Berarti Kita akan Menambah Barisan Perbudakan".


Kenapa Garda Metal Karawang selalu mengadakan pendidikan di alam bebas?


Menurut Aulia Adi Nugraha (Ketua Panitia Latsar GM) "Pendidikan di alam bebas sangat bagus untuk membentuk karakter seseorang, hal ini sesuai dengan tujuan dari pelatihan dasar Garda Metal yaitu untuk membentuk jiwa-jiwa yang militan, membentuk karakter seorang Pejuang" begitu tandasnya.

Sedangkan untuk komposisi kurikulum yang diberikan adalah 70% untuk teori, mental, dan pembentukan karakter dan 30% untuk fisik. "Sengaja Pelatihan ini memang lebih memfokuskan pada pembentukan mental dan karakter bukan fisik, fisik memang penting tetapi yang lebih penting adalah menumbuhkan semangat Juang bagi para anggota baru Garda Metal", itu yang dikatakan oleh Dadan Hendar (Panglima Garda Metal Karawang). Beliau juga menambahkan, "setelah lulus dari pelatihan ini dan resmi menjadi anggota Garda Metal diharapkan setiap anggota menjadi lebih militan dari sebelumnya dan lebih siap dalam perjuangan khususnya dalam memperjuangkan hak dan kepentingan kaum Pekerja/Buruh dan keluarganya, benar-benar memahami dan menjalankan motto Garda Metal yaitu RESOLUSI".


Pelatihan Dasar kali ini diikuti oleh sekitar 50 orang calon anggota yang telah terdaftar sebagai anggota FSPMI dari kurang lebih 30 Perusahaan yang ada di Karawang. Pelatihan Dasar ini pun dibarengi dengan Pelatihan Lanjutan Garda Metal yang diikuti oleh kurang lebih 20 orang anggota.

"Untuk materi Pelatihan Lanjutan lebih ditekankan pada materi Leadership dan Intelegensi serta Motivasi", tutur Hadi Suhanda (salah seorang pengurus GM Karawang). "mengapa materi Leadership yang diberikan adalah sangat diperlukan bagi anggota yang sudah lama, memang di Garda Metal tidak mengenal yang namanya Senioritas, akan tetapi tentunya anggota lama sudah pasti akan menjadi contoh nantinya bagi para anggota baru, untuk itu kami berikan materi Leadership disini, dan Motivasi pun sangatlah penting untuk menjaga semangat juang para anggota", tambah Hadi.


Sedangkan menurut Pepep (salah seorang peserta Latsar), "baru kali ini saya mengikuti pendidikan seperti ini, rasa lelah yang didapat dari pendidikan ini terbayar dengan semangat kebersamaan dan semangat perjuangan dari teman-teman, tak ada rasa marah kepada panitia ataupun kapok, yang ada justru makin semangat untuk berjuang bersama". dan Johan Ogi (salah seorang peserta yang lain) ikut menambahkan "dengan pendidikan ini sekarang saya mengerti apa yang dinamakan dengan Solidaritas, tanggung jawab, dan kebersamaan".


Agenda Kedepan

Selain Latsar dan Latihan Lanjutan yang rutin diselenggarakan dan memang sudah menjadi Program kerja bagi Pengurus Garda Metal Kabupaten Karawang, kedepannya Garda Metal Karawang juga akan mengadakan pelatihan-pelatihan lainnya seperti Safety Riding, Bela Diri, SAR, dll. Dan yang mungkin dalam waktu dekat akan diadakan adalah Latihan Gabungan dengan pihak kepolisian (POLRES Karawang), pihak Polres karawang sudah menyetujui untuk diadakannya latihan bersama, hanya tinggal menentukan waktunya saja, selain itu dari pihak TNI (Yonif 305) juga menawarkan untuk mengadakan Latihan bersama. Pelatihan ini tentunya akan semakin menambah keterampilan bagi anggota Garda Metal. (qc).

BRAVO GARDA METAL . . . ! ! !


3 comments:

kapan ada perekrutan anggota baru lagi bang?
d buka untuk umum gk?
klaw d buka cra ikutanya gmn?
trus ada sarat.sarat trtentunya gk?

Insyaalloh bulan November 2012 akan diadakan Latihan Dasar Garda Metal lagi, syaratnya adalah sudah menjadi anggota FSPMI

Izin share bung...
Saya anggota spkep spsi tapi saya ingin menjadi anggota garda metal.... bisa tidak? Terimakasih...

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More