Powered by Blogger.

Friday, December 9, 2011

Pesawat Mata-mata AS di Tangan Iran

Pemerintah Iran memamerkan pesawat mata-mata Amerika Serikat yang mereka klaim tertembak jatuh. Ditempatkan di atas panggung dengan bendera AS di bawahnya, terlihat Iran kembali mencoba menerapkan propaganda anti Amerika.

Disiarkan di televisi pemerintah, Press TV, Kamis 8 Desember 2011, kapal mata-mata nirawak tipe RQ-170 tersebut memiliki panjang 4,5 meter dan tinggi 1,84 meter. Kapal tersebut dalam keadaan mulus, dan ditempatkan di sebuah aula.

Keadaan yang mulus inilah yang memicu perdebatan di kalangan ahli penerbangan di AS. Mereka mempertanyakan klaim Iran mengenai bagaimana pesawat tersebut jatuh. Seorang ahli mengatakan kapal itu hanyalah dummy demi kepentingan propaganda Iran. Ahli lainnya mengatakan, pesawat jatuh dalam keadaan rebah, sehingga kerusakan hanya terdapat di bagian bawah.

Kendati demikian, AS boleh merasa khawatir. Pasalnya, pesawat tersebut adalah pesawat tercanggih di kelasnya. Di tangan Iran, teknologi AS akan dapat dengan mudah dicontek dan bukan tidak mungkin dibuat pesawat serupa dengan sistem yang lebih canggih oleh para ahli Garda Revolusi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More