Powered by Blogger.

Monday, December 5, 2011

Pesona Curug Cigentis di Kaki Gunung Sanggabuana


KEMBALI ke alam menjadi tempat wisata favorit bagi warga perkotaan. Salah satu wisata alam yang patut untuk dikunjungi adalah Curug Cigentis. Curug atau air terjun ini masih sangat alami.

Terletak di bawah kaki Gunung Sanggabuana, Karawang, panorama sepanjang jalan menuju curug tersebut sangatlah indah, asri dan jauh dari polusi udara yang ada di Kota Besar seperti Jakarta.

Kawasan ini mempunyai kharakteristik yang khas dengan curug dan lembah pada hutan lindung dengan keanekaragaman jenisnya yang cukup tinggi, diantaranya pohon Rasamala, Puspa, Kibanen dan pakis, jenis-jenis pasang dan jenis-jenis bambu.

Fasilitas yang terdapat di WW Curug Cigentis antara lain loket karcis, MCK, shelter, jalan setapak, kolam renang alam, rambu-rambu obyek dan tempat sampah maupun rumah makan.

Walaupun jalan menuju Curug ini hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki sejauh 2 km dari tempat parkir kendaraan, namun dengan suguhan pemandangan alam yang memikat, tidak akan terasa kita telah Wisata sambil ber Olahraga yang membuat sehat karena udara yang bersih. Air jernih yang mengalir di sungai kecil sepanjang jalan, membuat kita terpana akan keindahan Alam.

Cigentis merupakan salah satu wana wisata seluas 5 ha yang secara administratif pemerintahan terletak di Desa Mekar Buana Kecamatan Pangkalan, Kabupaten daerah Tingkat II Karawang. Sedangkan menurut wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta. (diolah dari berbagai sumber)
(uky)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More